Museum HAM Munir beroperasi di Tahun 2020

wahyudi, 09 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Kota Batu, Peletakan Batu Pertama pembangunan Museum HAM Munir dilakukan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa,M. Si didampingi Wakil Walikota Batu Ir.H.Punjul Santoso, di Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (8/12/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Seniman Butet Kartaredjasa, Suciwati, istri Munir (alm), Ketua Yayasan Museum HAM Omah Munir Andi Achdian.

Juga Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ketua TP PKK Kota Batu Wibi Asri Punjul Santoso, Anggota DPRD Sudiono, Perwakilan Polres dan Kajari, Pimpinan OPD Pemkot Batu serta pemerhati HAM.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim mantan menteri sosial ke 27 tahun 2014 - 2018 memaparkan, "Museum HAM Munir terbangun diatas tanah hibah dari Pemerintah Kota Batu, seluas 2200 m2.

Biaya pembangunan yang rencananya tiga lantai, menghabiskan dana senilai kurang lebih 10 milyar akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi JawaTimur diambilkan dari APBD Provinsi tahun 2019 -2020.

Secara tehnis, anggaran dicairkan dua termin dengan target selesai dalam setahun dan diresmikan pengoperasiannya bertepatan dengan peringatan Hari HAM Sedunia 10 Desember 2020 mendatang.

Setelah pembangunan selesai dan museum dioperasikan, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Batu tidak lagi terlibat dalam penyelenggaraan dan perawatan museum karena nanti Yayasan Omah Munir yang mengurusi, Jelasnya.

Gubernur kelahiran 1965 yang  menandai dimulainya pembagunan Museum bertepatan dengan hari lahir ke-54 Munir Said Thalib juga mengungkapkan harapannya, "Mudah mudahan Museum HAM Munir memperkaya destinasi wisata di Kota Batu, khususnya sebagai objek wisata sejarah HAM, sebab masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya HAM bagi demokrasi, kebenaran dan keadilan.

Senada, Wakil Walikota Batu Ir.H.Punjul Santoso berkata, "Keberadaan Museum HAM Munir ini momentum bersejarah menambah wahana dan destinasi wisata baru bagi Kota Batu. Juga menjadi edukasi generasi muda dalam mengetahui, memperjuangkan hak asasi manusia yang mutlak dimiliki oleh semua orang. Yudi/Ririn

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu